Cara Membuat Blog



CARA MEMBUAT BLOG

Daftar ke Google Mail


Jika anda ingin menjadi anggota GooleAdsense.
Buka Google, lalu klik Tab Gmail pada pojok kiri atas halaman tsb. Lalu buat akun anda dan isi semua data yang dibutuhkan. Atau anda juga bisa menggunakan akun email yahoo anda yang sudah ada.


Buat Blog Anda






Setelah itu, buka Blogger, lalu klik Ciptakan Blog anda isi semua data yang diminta, lalu pilih template apa saja, lalu klik lanjutan, jika sudah selesai klik Mulai Blogging untuk memulai blog anda.


Cari artikel



Cari artikel yang anda inginkan, lalu copy- paste kan di bagian posting dan atur tata letaknya. Jika sudah klik terbitkan entri.



Ganti template




Ganti template blog anda, pilih tata letak dari blog anda tadi – Edit HTML Lalu pada kotak pencarian Google ketikan blogger template, pilih salah satu link yang mengandung link download blogger template, pilih template yang anda inginkan maka akan muncul halaman script code, copy semua script code tersebut lalu paste kan di halaman edit html anda tadi. Anda hapus jika ada script code di bawah </html>, klik simpan template, klik konfirmasi dan simpan jika ada. Anda bisa mencoba situs Gooyaabi Templates disana menyediakan banyak template yang SEO Friendly




Menambahkan Guessbook (buku tamu)



Buka halaman tata letak blog anda, lalu pilih elemen halaman, lalu klik tambah gadget , pilih HTML/ Java Script, klik pada gambar plus (+) di halaman tersebut. Buka Slide lalu pilih make a guessbook, isi semua data yang dibutuhkan, atur tampilan guessbook anda sesuai dengan template, lau klik save. Jika ada permintaan login atau sign up klik skip. Lalu copy script code yang tampil lalu paste kan di dalam konten gadget anda tadi, jika sudah klik simpan.


Menambahkan Newsreel (berita terbaru)





Buka tata letak – elemen halaman, klik tambah gadget, pilih newsreel, klik simpan perubahan jika sudah selesai.


Menambahkan Jam Dunia


Pilih tambah gadget dan pilih paling popular pada panel pilihan gadget, lalu pilih WorldClock, lalu setting pilihan waktu yang akan ditampilkan.


Menampilkan Video








Pilih tambah gadget , pilih kembali HTML/ Java script, lalu buka YouTube, copy embled code-nya lalu paste kan ke HTML/ Java script script tadi. Klik simpan.



Menambahkan Counter atau Statistika Pengunjung
Buka ShinyStat, lalu pilih shinystat free dan anda sign up, isi username yang anda inginkan lalu klik continue. Isi semua data yagn dibutuhkan, lalu klik subscribed account free, lalu klik continue with installation, pillih simple counter, costume sendiri tampilan untuk counter anda sesuaikan sengan template anda, jika sudah klik next, klik go to step 1, muncul halaman script code lalu copy paste kan ke gadget HTML/ Java script pada blog anda, jika sudah klik simpan.


Daftar Ke Google Adsense




Untuk mendaftar klik Adsense pada browser anda, maka akan tampil halaman utama dari Google Adsense, klik sign up isikan informasi mengenai blog anda, jika sudah semua maka klik submit information. Setelah itu, pilih menggunakan akun gmail anda pada google adsense, lalu pilih gunakan google akun, masukkan e-mail dan password lalu klik continue.
Sekarang blog anda sudah didaftarkan ke Google Adsense tinggal anda menunggu1 s/d 2 hari . pemberitahuan akan diinfornasikan melalui e- mail ke alamat e-mail anda, buka e-mail tersebut lalu klik link untuk masuk ke area akun google adsense anda, maka akan tampil halaman utama google adsense, masukkan e-mail dan password anda, lalu klik adsense for content, plilih add unit iklan dan klik continue, akan mucul halaman pengaturan iklan adsense, atur ukuran iklan, warna iklan, jika sudah klik add new channel untuk membuat sebuah channel , isikan nama channel sesuai keinginan lalu klik ok.
tunggu beberapa saat jika sudah klik continue, lalu akan muncul halaman, klik submit and get code. Copy paste kan kode tersebut ke tata letak- tambah gadget , pilih gadeget HTML pada tanda (+) lalu isi bagian judul dan padte kan code tadi, jika sudah klik simpan. Lihat blog anda.

Previous
Next Post »